Selasa, 10 Februari 2015

P3K

Pertolongan Pertama Luka Kecelakaan Ringan

Penting bagi Moms sekalian mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama untuk penanganan kecelakaan ringan yang dialami oleh si kecil. Contohnya, seperti luka-luka kecil yang terbuka pada kulit dan terasa sangat perih bagi si kecil. Berikut merupakan tips dalam menghadapi jenis-jenis luka kecelakan ringan yang dialami si kecil.
  • Luka kecil dan sayatan:
Kulit terkelupas, kerusakan jaringan dan pendarahan umum terjadi pada si kecil dan bisa disembuhkan di rumah.  Pertama-tama, cuci tangan Moms hingga bersih lalu dudukkan atau baringkan si kecil agar bisa melihat lukanya. Kedua, cuci lukanya perlahan hingga bersih lalu tepuk-tepuk hingga kering. Tekan perlahan dengan kain bersih atau kapas untuk menghentikan pendarahan. Tutup seluruh luka dengan perban atau plester. Jika luka berada di kepala, segera hubungi dokter.
  • Luka kulit melepuh:
Pada kulit melepuh, serum dari jaringan berkumpul di bawah kulit yang menggel
embung. Jangan memecahkan kulit yang melepuh, dan bersihkan kulit di sekitarnya dengan air lalu tepuk-tepuk untuk mengeringkannya. Jika lepuhan ini terlihat seperti akan pecah atau tergesek, tutupi dengan perban tanpa perekat yang berukuran lebih besar dari kulit yang melepuh.
  • Luka bakar:
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengangkat si kecil menjauhi sumber panas dan membilas bagian tubuh yang terbakar di bawah aliran air dingin setidaknya selama 10 menit. Lepaskan pakaiannya dari bagian yang terbakar, selama tidak menempel pada kulit.  Buat pakaian yang ketat menjadi lebih longgar karena bagian tubuh yang terbakar biasanya membengkak. Tutup bagian luka dengan pembungkus plastik. Jangan mengoleskan lotion, krim, atau minyak. Jika si kecil memiliki luka bakar dengan diameter lebih dari 22 mm maka harus segera dibawa ke dokter/UGD.

Semoga tips-tips di atas bisa Moms pelajari dan bermanfaat dalam menghadapi si kecil yang mengalami luka-luka kecelakaan ringan. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar